Tugas Riset Pemasaran
Nama : Muhammad Lailul Romdhon
Kelas : 4Ea03
NPM : 11207534
1.Tema : Bauran pemasaran
2.Penelitian Terdahulu
a.TANGGAPAN KONSUMEN ATAS KEBIJAKAN PRODUK JASA TELEKOMUNIKASI PT TELKOM INDONESIA DI WILAYAH CIBINONG
Nama : Guntur Eka Budi Prasetyo
Tahun : 2004
b.ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA EKO SALON PROFESIONAL HAIRSTYLE DALAM MEMASUKI PERSAINGAN PASAR
Nama : Sukri Agustian
Tahun : 2006
3.Latar Belakang dan Rumusan Masalah
Pada era ekonomi saat ini,umumnya dikota-kota besar banyak didirikan berbagai jenis usaha, baik itu usaha yang bersifat jasa maupun perdagangan.Untuk dapat menarik konsumen usaha-usaha yang di dirikan tersebut banyak sekali macamnya,sehingga akan terjadi persaingan antar pengusaha-pengusaha tersebut agar dapat mengkonsumsi produk atau jasa yang telah mereka sediakan.
Penawaran jasa adalah bagian dari usaha yang memiliki persaingan yang cukup ketat dalam era modernisasi.PT. Express Trasindo Utama(Express Group) merupakan salah satu perusahaan jasa yang bergerak dalam dalam jasa layanan transportasi.
Express Group berdiri sejak bulan April 1989 sebagai perusahaan transportasi, dengan bisnis utama adalah jasa pelayanan taksi regular, taksi premium, limousine dan fleet management atau penyewaan kendaraan. Berkantor Pusat di Jakarta, Express Group telah meluaskan operasinya ke kota-kota besar di Indonesia selain Jabodetabek, seperti Medan, Surabaya, Semarang, Bali dan Lombok. Saat ini Express Group telah mengoperasikan kurang lebih dari 3,500 unit armada dengan lebih kurang 6,000 pengemudi di seluruh Indonesia. Express Group adalah salah satu peserta yang mendukung program dari Indonesia Global Compact Network. Express Group diharapkan dapat menciptakan solusi praktis untuk problem saat ini yang ada hubungannya dengan globalisasi, pembangunan yang berkelanjutan dan tanggung-jawab perusahaan dalam sebuah konteks multi-stakeholder. Selain itu Express Group juga dapat mengembangkan jangkauan global PBB dan menggalang kekuatan dengan pemerintah, bisnis, masyarakat sipil dan stakeholder lain.
Dari latar belakang tersebut,apakah Express Group dapat mempertahankan usahanya dalam menghadapi persaingan di bidang transportasi? Dan apa yang menyebabkan para terhadap keputusan untuk memakai jasa Express Group?
4.Metodologi
a.Data atau Variabel
Dalam hal ini penelitian dilakukan secara observasi langsung dengan mewawancarai pihak dari Express Group agar data yang didapat lebih akurat. Sehingga dapat diketahui secara jelas sejauh mana bauran pemasaran terhadap keputusan menggunakan jasa transportasi Express group.
b.Model
b.1. Guntur Eka Budi Prasetyo
- strategi produk/jasa
- strategi harga
- strategi distribusi atau tempat
- strategi promosi
b.2. Sukri agustian
- strategi produk/jasa
- strategi harga
- strategi distribusi atau tempat
- strategi promosi
c.Tahapan dalam analisis S.W.O.T.
5. Hasil dan kesimpulan Jurnal
Jurnal 1 = Berdasarkan pengujian dengan cara analisa deskriptif adanya perubahan yang signifikan terhadap keputusan menggunakan jasa telekomunikasi.
Jurnal 2 = Dengan menggunakan metode S.W.O.T menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan jasa transportasi Express Group.
Secara umum bauran pemasaran tersebut mempunyai pengaruh yang cukup signifikan terhadap penggunaan jasa yang disediakan oleh masing perusahaan.
6.Saran untuk lanjutan
Agar dapat lebih mendapatkan kepercayaan dari para pelanggannya,perusahaan-perusahaan itu harus bisa meningkatkan fasilitas dan pelayanan terhadap konsumen. Serta dapat menanggulangi keluhan yang menghambat pelayanan yang seharusnya didapatkan oleh pelanggan(konsumen). Untuk setiap penelitian diharapkan mampu untuk menambah variabel-varibel yang mempengaruhi bauran pemasaran sehingga tidak terpaku hanya pada emapat variabel yang telah di sebutkan diatas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar